Sejak adanya wabah Covid-19 seluruh marketplace di Indonesia mengalami lonjakan pembelian dari konsumen. Hal ini terjadi karena adanya larangan dari pemerintah kepada masyarakat untuk berpergian keluar rumah agar dapat menekan angka penyebaran virus. Dengan adanya larangan ini, hampir seluruh kegiatan jual beli beralih secara online. Situasi ini menghasilkan keuntungan bagi Shopee yang di mana dari tahun 2020 Q1 sampai dengan 2021 Q4 Shopee terus mengalami peningkatan penjualan. Tetapi, pada tahun 2022 Q1 secara mendadak Shopee mengalami penurunan penjualan sebanyak 100 juta order. Dengan adanya penurunan penjualan ini tentunya tingkat pembelian secara impulsif dari konsumen juga pastinya menurun. Oleh karena itu, penelitian ini akan menguji pengaruh flash sale, price attribution terhadap impulsive buying pada konsumen Shopee di Jakarta yang dimana hubungan antara flash sale terhadap impulsive buying dimediasi oleh emotions. Teknik pemilihan sampel yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini berhasil mengumpulkan sebanyak 160 responden yang merupakan konsumen yang sudah pernah berbelanja di marketplace Shopee yang berdomisili di Jakarta dan sudah berusia 17 tahun atau lebih. Metode dan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM) yang diolah menggunakan SmartPLS 4.0.8.4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa flash sale memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap emotions, emotions memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying, flash sale yang dimediasi oleh emotions memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying, dan price attribution tidak memiliki pengaruh terhadap impulsive buying.   Since the outbreak of Covid-19, all marketplace in Indonesia have experienced a tremendous contribution from consumers' purchases. This happened because there was a ban from the government on people to travel outside the house in order to reduce the spread of the virus. With this prohibition, almost all buying and selling activities have shifted online. This situation generates profits for Shopee where from 2020  Q1 to 2021 Q4 Shopeeexperienced an increase in sales. However, in 2022 Q1, Shopee suddenly experienced a decline in sales of 100 million orders. With this decrease in sales, the level of impulsive buying from consumers also decrease. Therefore, this study will examine the effect of flash sale, price attribution to impulse buying among Shopee consumers in Jakarta, where the relationship between flash sale and impulse buying is mediated by emotions. The sample selection technique used by researchers is non-probability sampling with purposive sampling method. This research managed to collect 160 respondents who are consumers who have shopped at the Shopee marketplace who are domiciled in Jakarta and are 17 years old or older. The method and data analysis used in this research is the structural equation model (SEM) which is processed using SmartPLS 4.0.8.4. The results of this study indicate that flash sales have a positive and significant effect on emotions, emotions have a positive and significant effect on impulsive buying, flash sales mediated by emotions have a positive and significant effect on impulsive buying, and price attribution has no effect on impulse buying.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023