Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 3 (2022): September

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Dewi, Ni Made Ayu Prasista (Unknown)
I Komang Ngurah Wiyasa (Unknown)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan suasana kelas yang membosankan mengakibatkan rendahnya kompetensi pengetahuan IPA. Tujuan penelitian ini menganalisis model pembelajaran Make A Match berbantuan media Flash Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 436 siswa, penentuan sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu instrumen berupa tes obyektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial uji Anakova. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 51,02 dan Ftabel = 4,030 pada taraf signifikan 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberikan perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media Flash Card berdampak positif dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran "Make A Match" dengan media "Flash Card" dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...