Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 11, No 5 (2022)

Pengaruh Brand Ambassador dan Instagram Sales Promotion terhadap Purchase Intention Produk Lemonilo

Oktavihana Manalu (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Gogor Arif Handiwibowo (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Lissa Rosdiana Noer (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Melalui fenomena korean wave, saat ini banyak pemasar yang mempromosikan merek, produk dan layanan menggunakan brand ambassador yang berasal dari Korea Selatan yang merupakan kalangan orang-orang populer dengan reputasi yang baik seperti aktor, penyanyi maupun selebriti dengan tujuan untuk mendekatkan calon konsumen dengan suatu produk dan layanan untuk menarik minat calon konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini merupakan penelitian conclusive – descriptive – multiple cross-sectional menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mendapatkan data primer, peneliti akan menyebarkan kuesioner digital berupa google form dengan target populasi dari penelitian ini adalah responden yang berusia minimal 18 tahun, berdomisili di Indonesia, mengonsumi Lemonilo dan memiliki pemahaman dan atau penggemar NCT Dream. Sampel yang dipilih sebanyak 210 responden. Penelitian ini, menggunakan analisis PLS-SEM. Berdasarkan hasil PLS-SEM, menunjukkan bahwa terdapat 2 hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh brand ambassador terhadap brand image dan pengaruh brand image terhadap purchase intention karena pengaruhnya yang tidak signifikann. Terdapat pula 4 hipotesis yang diterima yakni pengaruh brand ambassador terhadap brand trust, social media sales promotion terhadap brand image, social media sales promotion terhadap brand trust dan pengaruh brand trust terhadap purchase intention yang hasilnya berpengaruh positif dan signifikan.

Copyrights © 2022