Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 10, No 2 (2014)

Perencanaan Strategis PT. X dalam Rangka Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Manggala, Bambang Wahyudi Praja ( Program Magister Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Katolik Parahyangan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2015

Abstract

AbstractPT. X is a company which is engaged in the various products spicy crackers. Markettrends has changed rapidly and the emergence of a wide range of similar productsfrom competitors, made a stagnation of sales. Therefore, this study aims to analyzethe implementation of the strategy of PT X in achieve competitive advantage.The theory used is the Strategic Planning of Strickland and Thompson (2003)and the 5 Forces of Porter’s model of competitive advantage. The method used isqualitative case study approach, which resulted in a recommendation strategy.The results showed some strength (strengths) that already have a brand preference,obtained a patent for the right brand, and experience in producing a quality product.However, some weaknesses (weaknesses) that must be overcome major capacity ofskilled labor is still low and the planning of the business development strategy is stillnot structured.The conclusion of this study is PT. X should focus on strengthening the corebusiness through investment oriented to the interests of market share, through adifferentiation strategy to maximize competitiveness, especially efforts to increasethe perceived value in the eyes of consumers.Keywords: Strategic Planning , Competitive Advantage , Culinary IndustryAbstrakPT. X adalah sebuah perusahaan yang bergerak di penjualan berbagai varian produkkeripik pedas. Trend pasar yang cepat berubah dan bermunculannya berbagai produksejenis dari pesaing, menyebabkan stagnasi penjualan. Oleh karena itu penelitian inibertujuan untuk menganalisis implementasi strategi PT X di dalam meraih keunggu-lan bersaing.Teori yang digunakan adalah Perencanaan Strategis dari Strickland dan Thompson(2003) dan model keunggulan bersaing Porters 5 Forces. Metode yang digunakanadalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang menghasilkan rekomendasistrategi.Hasil penelitian menunjukan beberapa kekuatan (strengths) yaitu telah memiliki brand preference, memperoleh paten atas hak merk, dan pengalaman dalam menghasilkanproduk yang berkualitas. Namun demikian, beberapa kelemahan (weaknesses)utama yang harus segera diatasi yaitu kapasitas tenaga kerja terampil yangmasih rendah serta perencanaan strategi pengembangan bisnis masih belum terstruktur.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah PT.X harus fokus terhadap penguatan corebusiness melalui investasi yang berorientasi pada kepentingan penguasaan pasar,melalui strategi differentiation untuk memaksimalkan daya saing yang dimiliki,khususnya upaya peningkatan perceived value di mata konsumennya.Kata kunci: Perencanaan Stratejik, Keuntungan Bersaing, industri kuliner

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JurnalAdministrasiBisnis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) adalah jurnal ilmiah Ilmu Administrasi Binis, diterbitkan oleh Center for Business Studies (CeBiS), Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Jurnal Administrasi Bisnis diterbitkan 2 (dua) kali dalam ...