Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi lima soft skill pada petugas Unit Transfusi Darah (UTD) dalam memberikan pelayanan darah di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada 6 informan yang dipilih secara purposive sampling, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik coding melalui open coding, axial coding dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi petugas UTD mencakup respect, empaty, audible, humble, namun masih terdapat ketidakjelasan informasi yang diterima oleh petugas UTD. Kemampuan adaptasi petugas UTD mencakup adaptasi yang berhubungan dengan orang lain, serta adaptasi dalam mempelajari tugas, teknologi, dan prosedur baru, namun terdapat beberapa petugas yang mengalami kesulitan dalam proses beradaptasi. Kemampuan kerja sama tim petugas UTD mencakup kerja sama, kepercayaan, dan kekompakan. Kemampuan etika petugas UTD sudah mencakup prinsip etika klinis. Sedangkan kemampuan disiplin petugas UTD mencakup tanggung jawab kerja yang sudah dimiliki, namun ketaatan waktu datang dinas masih belum maksimal. Direkomendasikan agar manajemen RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou memberikan pelatihan dan pengembangan pada kelima soft skill yang dimiliki oleh petugas UTD, serta melakukan pengawasan yang lebih ketat pada ketaatan waktu datang dinas untuk meningkatkan kualitas pelayanan darah di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou.
Copyrights © 2021