Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia
Vol 1, No 1 (2015): MARCH

PENGARUH JUMLAH CACING TANAH (Lumbricus rubellus) DAN WAKTU PENGOMPOSAN TERHADAP KANDUNGAN NPK LIMBAH MEDIA TANAM JAMUR TIRAM SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI

., Sukarsono (Unknown)
Mahmudati, Nurul (Unknown)
Husain, Darwis (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2015

Abstract

PENGARUH JUMLAH CACING TANAH (Lumbricus rubellus) DAN WAKTU PENGOMPOSAN TERHADAP KANDUNGAN NPK LIMBAH MEDIA TANAM JAMUR TIRAM  SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI   Darwis Husain1, Sukarsono1, Nurul Mahmudati1 1Pendidikan Biologi FKIP Universtias Muhammadiyah Malang, e-mail : drw.darwishusain@gmail.com   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui adanya pengaruh jumlah cacing tanah dan waktu pengomposan terhadap kandungan NPK limbah media tanam jamur tiram, mengetahui kandungan NPK terbaik sesuai standar yang ditetapkan pemerintah yaitu N 0,4%, P 0,1% dan K 0,2% serta mengetahui penerapan hasil penelitian sebagai bahan ajar biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Research yang dilakukan pada tanggal 07 Juli-07 Agustus 2014 di Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial Design yang terdiri dari 2 faktor, faktor A merupakan jumlah cacing tanah (25, 30 dan 35 cacing) dan faktor B merupakan waktu pengomposan (5, 10 dan 15 hari). Analisis data menggunakan anava 2 jalan dan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah cacing tanah 35 cacing dan waktu pengomposan 15 hari merupakan perlakuan terbaik. Persentasi unsur hara terbaik yang dihasilkan yaitu N (3,85 %), P (0,78 %) dan K (1,45 %). Sedangkan Rasio C/N yang dihasilkan yaitu 10,51.   Kata Kunci: Limbah, Cacing Tanah, Waktu, Pengomposan, Kandungan NPK

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), ISSN 2442-3750 (print); ISSN 2527-6204 (online), publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of biology education in primary education, secondary education, and higher education. ...