Dalam Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting karna diajarkan dari tingkat jenjang sekolah rendah sampai jenjang tinggi. Dalam menyelesaikan permasalahan tentang soal matematika diperlukan karakter mandiri dan berpikir kritis dalam menemukan solusinya. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dan untuk mengembangkan nilai-nilai dalam pendidikan karakter dengan cara merancang pembelajaran, penyusunan dan pemilihan latihan yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi berpikir kritis dan karakter mandiri siswa. Penelitian menggunakan kajian pustaka yang berisi kajian-kajian ilmiah yang relevan terhadap masalah yang dikaji penulis. Di dalam kajian ini diambil karya ilmiah yang melakukan penelitian survey di SMA N 7 Bekasi Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian didapatkan dari survey tersebut adalah diperoleh kemandirian dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap cara berpikir kritis para siswa. Dan kemampuan kemandirian belajar tidak langsung datang begitu saja melainkan melatih kebiasaan secara mandiri dengan baik, maka dari itu sangat perlu ditanamkan sikap mandiri oleh siswa agar memperoleh hasil yang baik.
Copyrights © 2023