Pendidikan vokasional merupakan pendidikan yang berfokus pada penyiapan kapital seseorang untuk mengisi kebutuhan pekerjaan. CNC merupakan salah satu materi yang masih menjadi kebutuhan dari indusri dikarenakan penggunaan mesin berbasis CNC yang massif. Pembelajaran vokasi yang efektif merupakan pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman yang real dan sesuai dengan keadaannyata di industri. Salah satu inovasi pembelaajran yang dilakukan adalah menghadirkan pengajar dari industri. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali persepsi dari peserta didik dalam pengalaman belajar yang pengajarnya berkolaborasi dengan praktisi industri. penelitian ini adalah penelitian survey yang mengunakan instrument berupa angket kuisioner dan pertanyaan terbuka. Respon penelitian ini merupakan 80 peserta didik yang berpartisipasi penuh dalam kelas yang pengajarnya berkolaborasi dengan industri. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatf. Hasil yang didapat adalah persepsi dari perserta didik pengajar berkolaborasi dengan industri menunjukan persepsi sangat baik (49%), baik (39%) dan cukup (12%). Sedangkan pada persepsi umum dari perserta didik terhadap pembelajaran dengan pengajar berkolaborasi dengan industri adalah sangat baik (64%) dan baik (36%).
Copyrights © 2022