Cipta
Vol 1, No 3 (2023): Cipta

Proses Perancangan Karya The Phini-Sea Menggunakan Media Kolase Digital

Faisal Akbar (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Teknologi menjadi salah satu bagian dari proses berkesenian bahkan menjadi media berkesenian itu sendiri. Keberadaan teknologi dalam praktik berkesenian saat ini mampu merubah cara pandang dan juga cara produksi sebuah karya serta kegiatan seni. Berbagai bidang seni yang biasanya menggunakan cara konvensional mulai menggunakan bantuan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam menciptakan ruang pamer digital, Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Phinisi Fest #1 2023: International Art & Education Virtual Exhibition. Sebuah pameran Internasional secara virtual yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2023 dengan mengangkat tema “Celebrating the Diversity of Art and Education in Unity” kemudian mengumumkan dan mengundang secara terbuka (open call), untuk menjaring seniman peserta. hal tersebut menjadi alasan dibuatnya penelitian ini, dengan tujuan pelaporan proses perancangan karya dengan judul “The Phini-Sea” menggunakan media kolase digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap subjek perancangan, mengumpulkan data yang berpedoman pada buku-buku, jurnal maupun artikel online pada situs internet yang berkaitan. Adapun tahapan penelitian menggunakan pendekatan proses desain yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bagaimana proses perancangan untuk menghasilkan sebuah karya kolase (final artwork) dimuat dalam pameran Phinisi Fest #1 2023: International Art & Education Virtual Exhibition yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) secara virtual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...