Newton-Maxwell Journal of Physics
Vol. 4 No. 1: April 2023

Karakteristik Parameter Fisis Objek Wisata Sungai Napal Jungur Di Kabupaten Seluma

Syaputri, Adinda Hija (Unknown)
Supiyati, Supiyati (Unknown)
Suwarsono, Suwarsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Sungai Napal Jungur merupakan salah satu objek wisata yang yang terletak di Kabupaten Seluma. Beberapa bagian Sungai Napal Jungur mengalami perubahan seperti, pelebaran, penyempitan, serta perubahan kedalaman yang di akibatkan oleh erosi yang disebabkan oleh aktivitas alam dan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parameter fisis sungai Napal Jungur Seluma. Dalam penelian ini metode yang digunakan adalah pengukuran langsung di lapangan berdasarkan cuaca normal. Dengan titik pengukuran debit sebanyak 12 titik, sedimen dan pengambilan sampel sedimen sebanyak 8 titik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan kecepatan arus perlokasi penelitian rata-rata (0,17 m/s - 0,82 m/s). Kecepatan arus rata-rata tertinggi sebesar 1,04 m/s. Debit sungai tertinggi terjadi di titik lokasi 1 yaitu sebesar 3,62 m3/s dan debit sungai terendah terjadi di titik lokasi 4 yaitu sebesar 0,94 m3/s. Sungai Napal Jungur Seluma didominasi oleh pasir sangat kasar dengan diameter 1 mm yang terletak di bagian sisi kanan sungai. Debit sedimen layang tertinggi yaitu 6,615 g/s dan debit sedimen layang terendah yaitu 0,47 g/s. Debit sedimen dasar tertinggi yaitu 75,50 kg/s dan debit sedimen terendah yaitu 19,80 kg/s. Kategori sungai adalah landai, bentuk sungai yaitu sungai berkelok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nmj

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering Physics

Description

Newton-Maxwell Journal of Physics is a scientific journal published by UNIB Press and managed by the Department of Physics, FMIPA University, Bengkulu, with ISSN Number: 2775-5894. This journal is published twice a year, in April and October, as a forum for lecturers, researchers, and students to ...