Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Brand Awareness (X) melalui Top of Mind (X1), Brand Recall (X2), Brand dan Recognition (X3) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen (Y) Handphone Samsung pada Dosen di Universitas Ichsan Gorontalo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa variabel Brand Awareness (X) melalui Top of Mind (X1), Brand Recall (X2), Brand dan Recognition (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.549 (54.9%). Hasil perolehan untuk uji Fhitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 21.528 sedangkan Ftabel sebesar 2.770 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua variabel Top of Mind (X1) terhadap Loyaltias Konsumen (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.003 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.136 > 2.004). Hipotesis ketiga variabel Brand Recall (X2) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyaltias Konsumen (Y). Nilai probability alpha (α) (0. 0.998 > 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t-tabel (0.002 < 1.673). Hipotesis ketiga variabel Brand Recognition (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyaltias Konsumen (Y). Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.607 > 2.004). Kata Kunci: Brand Awareness, Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Loyalitas Konsumen
Copyrights © 2023