Penyelenggaraan pendidikan pada dasarnya memberikan kesempatan kepada semua peserta didik tanpa memandang keterbatasan fisik, seperti peserta didik difabel. Fasilitas pendukung di kampus masih belum dapat mendukung untuk mahasiswa tersebut untuk beraktivitas di lingkungan kampus, terutama mahasiswa yang menggunakan kursi roda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan alternatif prototipe alat bantu berjalan yaitu Kruk yang telah diperbaiki fungsinya dan ditambahkan fitur tambahan agar sesuai dengan kebutuhan siswa yang menggunakan kursi roda. Proses desain yang dilakukan menggunakan pendekatan referensi sumber data terkait aspek ergonomi dan metode tahapan proses desain menggunakan Design thinking disertai dengan peta empati sebagai dasar identifikasi kebutuhan dari mahasiswa difabel tersebut. Hasil akhir uji coba penelitian menunjukkan bahwa prototipe Kruk dengan desain yang diperbaharui dapat membantu mahasiswa difabel dalam beraktivitas diarea kampus yang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan kursi roda, seperti aktivitas di perpustakaan dan melalui jalan sempit. Tindak lanjut untuk kedepannya dari penelitian ini adalah pengembangan desain lanjutan agar prototipe layak untuk tahap produksi massal dan pengujian lebih lanjut terkait fungsi, keawetan produk, dan optimalisasi penggunaan produk oleh mahasiswa difabel pengguna kursi roda.
Copyrights © 2023