Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (JITTER)
Vol 3 No 2 (2022): JITTER, Vol.3, No.2, August 2022

Rancang Bangun Aplikasi Get Data Di Media Sosial Twitter Dan YouTube Berbasis Desktop

Jaye, M. Tirje Sukme (Unknown)
Dwi Suarjaya, I Made Agus (Unknown)
Rusjayanthi, Ni Kadek Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah merambah hampir pada setiap aspek kehidupan masyarakat dengan cara memberi pengaruh pada proses penyampaian pesan dari individu ke individu atau dari individu ke khalayak luas dengan munculnya media sosial. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sumber data dari berbagai bidang penelitian. Media sosial seperti Twitter dan YouTube merupakan sumber data masif yang kompleks. Pemerolehan data dari media sosial merupakan salah satu langkah yang berguna untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dari media sosial Twitter dan YouTube. Pemrograman Python digunakan dalam sistem aplikasi Get Data dengan memanfaatkan API untuk membantu proses pengumpulan data. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi melakukan penginputan API yang terhubung dengan library twepy untuk media sosial twitter, library googleapiclient untuk media sosial youtube dan webdriver dalam pengambilan data youtube berdasarkan keywords. Data yang didapat akan disimpan pada DataFrame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Get Data mampu menjalankan proses pengambilan data, mampu mengurangi data per kolom, dan mampu memberikan data kosong pada kolom yang terdapat data nan(Null). Data yang dihasilkan aplikasi Get Data merupakan data mentah yang belum diolah, kemudian dapat dianalisis sesuai dengan kebutuhan peneliti. Kata Kunci: API, Media Sosial, Python, Twitter, YouTube.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitter

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...