JURNAL ISTEK
Vol 8, No 2 (2014): ISTEK

IMPLEMENTASI COMPUTER BASED INSTRUCTION MODEL INSTRUCTIONAL GAMES PADA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Mohamad Irfan (Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUnan Gunung Djati Bandung)
Mohamad Restu P. L (Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUnan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang seiring dengan globalisasi. Hal ini menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia dan pendidikan adalah salah satu hal penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Bagi tenaga pengajar mengintegrasikan teknologi komputer dalam sistem pembelajaran merupakan tantangan, sehingga pembelajaran dapat lebih berkualitas dan menyenangkan. Terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran secara garis besar komputer dapat dimanfaatkan dalam bentuk pembelajaran berbasis komputer atau Computer Based Instruction (CBI). CBI model Instructional games bertujuan untuk menyediakan pengalaman belajar melalui bentuk permainan yang mendidik dan tantangan yang menyenangkan bagi siswa. Tujuan akhir dari pembuatan Instructional games ini adalah memberikan siswa sebuah alternatif dalam belajar, sehingga dapat memudahkan siswa menerima dan mengaplikasikan materi yang disajikan. Penelitian ini diimplementasikan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 serta perangkat lunak tambahan untuk menghasilkan instructional games yang interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2014