UMKM dan potensi bagi mereka untuk berkembang cukup tinggi diihat dari keadaan. lingkungannya, tergantung bagaimana pelaku UMKM tersebut mengoperasikan usahanya untuk dapat bertahan dan bersaing dengan masing-masing kompetitornya. Namun, dikarenakan lingkungan yang padat penduduk bersamaan dengan banyaknya UMKM yang terus menerus bertambah mengharuskan pelaku UMKM untuk selalu update dan upgrade pengetahuan dan skill mereka yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki agar usahanya dapat terus berkembang, bertahan dan bersaing terhadap kompetitornya. Sebuah UMKM pada era serba digital dan kompetetif ini haruslah selalu meningkatkan kompetensi SDM dan usahanya dengan pengetahuan mengenai internet dan teknologi. UMKM sudah seharusnya mulai berangsur beralih menggunakan internet sebagai sarana pemasaran produknya. Didapati masih ada UMKM yang masih tidak memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan internet dan sosial media yang memiliki banyak keunggulan dalam kasus ini WhatsApp, Instagram, Facebook untuk memasarkan dan menjangkau lebih luas calon konsumennya. Beberapa UMKM yang dimana menjadi objek pelaksanaan PKM turut merasakan dampak positif hingga negatif dari pandemi Covid-19. Beberapa merasakan penurunan penjualan dan bahkan ada yang merasakan peningkatan permintaan selama pandemi
Copyrights © 2021