Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Hobin Nauli Multimedia Sibolga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penulis menggunakan 30 orang responden sebagai sampel yang di ambil dari 300 orang populasi menggunakan rumus sloven. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Hobin Nauli Multimedia Sibolga dan koefisien korelasi 0,938 sehingga apabila diinterprestasikan dalam skala nilai dapat dikatagorikan sangat kuat. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh 91,6% dan sisanya sebesar 8,4% dipengaruh oleh faktor diluar variabel bebas. Persamaan regresi yang diperoleh Y= 2.357 + 0,540X1 + 0,395X2 yang menunjukkan apabila ditambahkan satu satuan variabel X1 (promosi) dan X2 (kualitas layanan) berpengaruh terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan) sebesar koefisien regresi 0,540 dan 0,395. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan membandingkan antara nilai thitung dan ttabel di dapat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4.612>2.048 dan 3.412>2.048. dan nilai signifikan 0,05% karena thitung lebuh besar dari ttabel makan variabel X1 (promosi) dan variabel X2 (kualitas layanan) berpengaruh positif terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan) yang signifikan dan simultan yaitu nilai Fhitung 148.144> Ftabel 304.715< 0,000 <(a=0,05).Hal ini menyatakan secara simultan promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Hobin Nauli Multimedia Sibolga .
Copyrights © 2023