Schema: Journal of Psychological Research
Volume 3 No.1 Mei 2017

KOMPETENSI SOSIAL DENGAN MELIHAT “OVEREXCITABILITIES” DAN POLA ASUH PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA

Sulisworo Kusdiyati (Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
19 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh 1) gambaran mengenai kompetensi sosial siswa cerdas istimewa 2) gambaran mengenai overexcitabilities siswa cerdas istimewa, 3) gambaran pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap  siswa cerdas istimewa,4) keterkaitan kompetensi sosial, overexitabilities dan pola asuh. Variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi Sosial, Overexcitabilities, dan Pola Asuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Mayoritas  58,33% (14 orang) siswa memiliki kompetensi sosial yang dikategorikan sedang, 2) Tidak semua  siswa cerdas istimewa memiliki ciri overexcitabilities. Hanya 12 orang atau 50 % siswa cerdas istimewa di SMA Negeri 1 Garut  memiliki ciri overexcitabilities yang tinggi, 3) mayoritas 58,33% (14 orang) siswa diasuh orang tua dengan tipe pola asuh authoritative; 25% (6 orang) siswa diasuh orang tua dengan  tipe pola asuh permissive;16,7% (4 orang) siswa diasuh dengan tipe pola asuh neglectful;  4) Ada keterkaitan antara overexitabilities, pola asuh dengan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa. Tipe pola asuh Authoritative akan membentuk kompetensi sosial yang tinggi, sedangkan tipe pola asuh Permissive dan Neglectful akan membentuk kompetensi sosial yang sedang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

schema

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Schema : Journal of Psychological Research publishes academic research articles on theoretical and applied studies and focuses on Psychology with the following scope : Broken Home, Organizational Culture, Celebrity Worship, Delinquency, Early Adulthood, Work Discipline, Social Support, Health ...