Alasan seseorang dalam melakukan sesuatu atau memilih sesuatu dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel, antara lain faktor sosial, budaya, maupun faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi seseorang untuk merokok. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa motivasi seseorang untuk merokok adalah menjadikan dirinya aktif, membuat pikiran menjadi segar dan nyaman, untuk bersosialisasi, membuat penampilan lebih menarik, merasakan kenikmatan dan ingin diakui sebagai masyarakat modern serta menjadikannya sebagai suatu kebanggaan. Kata Kunci: Motivasi, Merokok, Analisis Faktor STUDY OF CONSUMER’S SMOKING MOTIVATIONS WITH FACTOR ANALYSIS ABSTRACT The reasons of doing something or choosing a product can be based on many factors, for example social, culture or psychological factors. The aim of this research is to analyze people’s smoking motivations. Based on the research, the smoking motivations are making more active, mind-refreshing, as a societal function, making appearance more attractive, enjoying the tasting, being acknowledge as modern people and being the pride of themselves. Keywords: Motivation, Smoke, Factor Analysis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007