Motivasi, sebagai salah satu faktor psikologi yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk, sangat berarti bagi produsen agar kegiatan pemasaran lebih terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kecenderungan konsumen dalam memilih merek rokok. Melalui penelitian ini diketahui Dji Sam Soe merupakan merek yang dapat mendukung penampilan seseorang, Sampoerna dipilih karena memberikan kenikmatan dan kebebasan, L.A.Light merupakan merek rokok yang kurang disukai dan hanya menjadi alternatif, Gudang Garam Filter dipilih karena membuat pikiran menjadi segar dan nyaman serta memberikan kebebasan dan dapat menjadikannya lebih aktif, dan Marlboro merupakan merek rokok untuk bersosialisasi dan memberikan kebanggaan kepada yang mengkonsumsinya. Kata Kunci: Merek, Rokok, Analisis Korespondensi CONSUMER PREFERENCE IN CHOOSING CIGARETTE BRAND WITH CORRESPONDENCE ANALYSIS ABSTRACT Motivation, as one of psycologycal considerations in purchasing a product, is very meanigful for producer in doing more directed marketing activities. The Aims of this research is to discover the description of consumer trend in choosing cigarette brand. The result show that Dji Sam Soe is chosen for supporting ones appearance; Sampoerna can give pleasantness and freedom; while L.A.Light is only an alternative brand; Gudang Garam Filter is liked because can refresh their mind, making free-feeling and more active; Marlboro is the brand for social activities and as the pride of themselves. Keywords: Brand, Cigarette, Correspondence Analysis
Copyrights © 2007