Abstract: The purpose of this study was to determine and analyze the factors that influence the value of the company with corporate social responsibility as a moderating variable. This research was conducted in the mining sector, considering that mining operations are closely related to the environment. The sample used by the researcher is as many as 17 mining sector companies listed on the IDX. The data analysis technique uses path analysis, where previously the classical assumption test has been carried out, and the data has met the classical assumption test requirements. The results showed that profitability had an insignificant negative effect on firm value, firm size had no significant positive effect on firm value. Furthermore, the results showed that the CSR variable was not able to moderate the effect of profitability or firm size on firm value. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada sektor pertambangan, mengingat operasional pertambangan sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Sampel yang digunakan peneliti adalah sebanyak 17 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI. Teknik analisis data menggunakan analisis path, dimana sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik, dan data telah memenuhi syarat uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan variable CSR tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas ataupun ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Copyrights © 2022