Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Analisis Peran Account Officer dalam Menekan Pinjaman Bermasalah di PT BPR NBP 9 Pangururan

Olivia Agatha Kenedy (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Pinjaman bermasalah merupakan salah satu resiko yang akan dihadapi lembaga keuangan termasuk di PT BPR nbp 9 Pangururan. Resiko ini timbul karena ketidakmampuan nasabah peminjam dalam membayar sebagian atau seluruh perjanjian pinjaman yang telah disepakati bersama, banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi pinjaman bermasalah, dalam hal ini peran Account Officer sangat dibutuhkan, karena dari awal proses pengajuan pinjaman sampai dengan strategi menyelesaikan jika terjadi pinjaman bermasalah diselesaikan oleh Account officer. Selain itu manajemen pinjaman yang baik serta Account officer yang terjun kelapangan dalam memonitor usaha yang dijalankan nasabah juga dapat mengurangi paling tidak resiko terjadinya pinjaman bermasalah. Peran Account Officer dibutuhkan dalam menyelesaikan pinjaman bermasalah dalam lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran accont officer dalam menekan pinjaman bermasalah pada PT BPR nbp 9 Pangururan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menjelaskan analisis peran account officer dalam menekan pinjaman bermasalah pada PT BPR nbp 9 Pangururan. Kata Kunci :Account Officer, Manajemen Pinjaman, Pinjaman Bermasalah, Stategi Mengatasi Pinjaman Bermasalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...