Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Prosedur Pemberian Kredit Kepada Golongan Berpenghasilan Tetap dan Kredit KUR Di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Simalingkar Medan

Cindy Theresia M.M. Damanik (Universitas Prima Indonesia)
Friska Darnawaty Sitorus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Prosedur pemberian kredit merupakan hal penting dalam penentuan kelayakan dan sebagai patokan dalam menganbil keputusan apakah debitur tersebut layak ataukah tidak untuk menerima kredit yang telah disediakan oleh Bank. Tidak hanya itu prosedur pemberian kredit juga merupakan system dan prosedur yang telah ditetapkan oleh suatu bank untuk memudahkan pihak bank dalam menjalankan fungsinya sebagai penyalur dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit dengan sistematika dan alur yang rapi dan tersusun sehingga dapat memudahkan bank untuk menilai prospek dalam pemberian kredit. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui prosedur pemberian kredit multiguna pada golongan berpenghasilan tetap dan prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT BANK BRI (Persero) Tbk Unit Simalingkar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa staff dan nasabah pada Bank BRI unit Simalingkar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia unit Simalingkar telah menerapkan sistem prosedur pemberian kredit sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP); tahap permohonan kredit, tahap pemeriksaan/analisis kredit, tahap pemberian keputusan kredit, tahap penandatanganan akad kredit, dan tahap pencairan kredit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...