Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan minat belajar Matematika para peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem-based learning di MAN Kebumen 2 kelas XII IPA, (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning yang benar/tepat dalam pembelajaran Matematika para peserta didik kelas XII IPA MAN Kebumen 2 yang dapat meningkatkan minat belajar (3) mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran kooperatif Problem-based learning dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPA MAN 2 Kebumen, (4) mendeskripsikan hasil analisis efektivitas penerapan pendekatan model pembelajaran kooperatif problem-based learning dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas XII IPA MAN 2 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA -2 MAN 2 Kebumen tahun 2017/2018. Data yang diperoleh dari instrumen minat belajar dan data observasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Problem-based learning dapat meningkatkan minat belajar matematika. Minat belajar yang dicapai siswa meningkat, pada siklus I 20,59% meningkat pada siklus II menjadi 79,41%.
Copyrights © 2021