Annals of Mathematical Modeling
Vol. 1 No. 1 (2021)

Peningkatan minat belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning

Agung Widayat (Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen. Jl. Pemuda, Kebumen, Jawa Tengah 54312)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan minat belajar Matematika para peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem-based learning di MAN Kebumen 2 kelas XII IPA, (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning yang benar/tepat dalam pembelajaran Matematika para peserta didik kelas XII IPA MAN Kebumen 2 yang dapat meningkatkan minat belajar (3) mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran kooperatif Problem-based learning dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPA MAN 2 Kebumen, (4) mendeskripsikan hasil analisis efektivitas penerapan pendekatan model pembelajaran kooperatif problem-based learning dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas XII IPA MAN 2 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA -2 MAN 2 Kebumen tahun 2017/2018. Data yang diperoleh dari instrumen minat belajar dan data observasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Problem-based learning dapat meningkatkan minat belajar matematika. Minat belajar yang dicapai siswa meningkat, pada siklus I 20,59% meningkat pada siklus II menjadi 79,41%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

amm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Annals of Mathematical Modeling is a peer-reviewed open-access journal that publishes educational research articles in mathematics education. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using the double-blind review method. This journal is published ...