Annals of Mathematical Modeling
Vol. 1 No. 1 (2021)

Model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD dalam pelajaran matematika untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar

Hayati (SD Negeri Niten Kulonprogo)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika di SDN Niten Tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika terlihat dari meningkatnya skor, dari 95 % siklus I ke 100% siklus II. Peningkatan prestasi belajar terlihat dari hasil post tes yaitu nilai rata-rata di atas KKM 75, pada siklus I 86,6 dan siklus II 82,45. Ketuntasan pada siklus I 90 % dan pada siklus II 80 %.Proses pembelajaran matematika dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar,dan prestasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Niten tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

amm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Annals of Mathematical Modeling is a peer-reviewed open-access journal that publishes educational research articles in mathematics education. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using the double-blind review method. This journal is published ...