Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik di Indonesia

Ridwan Permana (Universitas Indonesia Jakarta)
Elevita Yuliati (Universitas Indonesia Jakarta)
Permata Wulandari (Universitas Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Masalah pencemaran lingkungan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir memaksa sektor transportasi untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Indonesia merupakan pasar yang besar untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Walaupun demikian, adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian (purchase intention) kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan landasan Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model dengan tambahan lima variabel yaitu price value, perceived risk, environmental self-image, infrastructure barrier, dan financial incentive policy untuk lebih menjelaskan niat pembelian kendaraan listrik di Indonesia. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan cara non-probability sampling. Data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS. Berdasarkan data sampel 242 responden, didapatkan hasil bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan price value secara positif mempengaruhi attitude terhadap perilaku pembelian kendaraan listrik. Temuan lain adalah attitude terhadap perilaku pembelian, price value,, dan financial incentive policy secara positif mempengaruhi purchase intention sementara perceived risk dan infrastructure barrier berpengaruh negatif terhadap intensi tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...