eProceedings of Art & Design
Vol 10, No 2 (2023): April 2023

PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI MUSEUM WAYANG DI JAKARTA

Nadien Najmilla (Telkom University)
Gema Ariprahara (Telkom University)
Muhammad Hidayattuloh (Telkom University)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Abstrak: Jakarta sebagai Ibukota Indonesia, tentunya memiliki banyak destinasi wisata. Tempat yang  ditawarkan  pun  sangat  beragam,  mulai  dari  tempat  wisata  keluarga,  alam,  kuliner, budaya,  edukasi,  hingga  sejarah. Museum  Wayang merupakan  salah  satu  destinasi  wisata bertema  sejarah yang sudah berdiri sejak 22 Desember 1939. Terdapat 4000  - 6000 koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, letaknya yang berada di Kawasan kota Tua Jakarta membuat lokasi Museum Wayang cukup strategis. Maka dari itu selain dapat berwisata, aspek lain yang bisa didapat dari berkunjung ke Museum Wayang adalah edukasi serta pengenalan budaya  antar  daerah  atau  bangsa. Namun  ada  beberapa masalah  yang membuat Museum Wayang kurang diminati seperti halnya minimnya informasi, serta tantangan di era teknologi yang semakin maju. Dalam hal ini generasi sekarang lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget  dibandingkan  dengan  berkunjung  ke museum.  Dengan  adanya  fenomena  tersebut, penulis memiliki asumsi bahwa Musuem Wayang memerlukan strategi promosi yang baru agar dapat bersaing di era yang digital seperti sekarang.Kata kunci: destinasi wisata, museum wayang, promosi  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...