Loloh Cemcem Meme Nyampuh merupakan produk tradisional dari Desa PenglipuranBangli, loloh cemcem sering dianggap jamu karena baik untuk pencernaan dan menyegarkanbagi tubuh. Produk tersebut menjadi minuman yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungiDesa Penglipuran. Loloh Cemcem Meme Nyampuh dikemas dalam kemasan yang tidak memilikikelengkapan informasi produk dan tidak sesuai dengan identitas Desa Penglipuran tempat lolohcemcem diproduksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studipustaka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT danmatriks perbandingan. Kesimpulan dalam perancangan ini menekankan bahwa dengan identitasvisual dan kemasan yang tepat, memudahkan produk loloh cemcem dalam pemasaran danpengenalan produk kemasyarakat dan wisatawan. Hasil perancangan difokuskan pada unsurbudaya yang dikemas dengan penyesuaian terhadap tren desain terkini melalui media logo,desain kemasan, pamflet, tas belanja dan juga standing banner. Dengan perancangan ini,diharapkan Loloh Cemcem Meme Nyampuh dapat terbantu dengan adanya pemasaran danpenjualan yang efektif serta dapat terfokus pada kualitas dan inovasi produk loloh cemcem.Kata kunci: identitas visual, kemasan, loloh cemcem, desa penglipuran
Copyrights © 2023