eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023

PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI KOREAN STREET FOOD SPICY WON DI KOTA BANDUNG

Luciana, Vira (Unknown)
Hidayattuloh, Muhammad (Unknown)
Prahara, Gema Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Kota Bandung sebagai pusat wisata kuliner selalu menciptakan kreasi kuliner unik salah satunya  K-food  yang marak  akibat  demam  Korean Wave,  sehingga  banyak  pengusaha kuliner membuka  K-food mulai  dari  restoran  hingga  street  food.  Salah  satunya  adalah Korean street food Spicy Won. Namun permasalahannya, sebagai pendatang baru Spicy Won belum sukses dikenal karena strategi visual dan media yang kurang optimal sehingga pesan komunikasi tidak tersampaikan terutama pada USP yang dimiliki Spicy Won di sosial media  sehingga  ada  kesulitan  dalam menciptakan  awareness  pada masyarakat  bahwa Spicy Won berbeda dengan Korean  food pada umumnya di tengah kontroversi tentang kehalalan makanan korea. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah merancang strategi promosi  untuk  Spicy Won.  Untuk  pengumpulan  data, menggunakan metode  kualitatif dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Kemudian dianalisis dengan AOI, SWOT dan matriks perbandingan. Dalam penelitian  ini, diharapkan bahwa strategi perancangan promosi Spicy Won sebagai Korean  street  food baru dapat meningkatkan awareness  dan menarik minat masyarakat. Hasil  perancangan  difokuskan  pada media utama  event  yang  tepat  dalam  serta  dibutuhkan  strategi  kreatif  agar  target  audiens memperoleh pesan yang ingin penulis sampaikan.  Kata kunci: Kuliner, Korean Street Food, Promosi, Brand Awareness, Spicy Won

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...