Kotler dan Amstrong (2018: 249) mengungkapkan kualitas produk memengaruhi kinerja produk atau layanan yang sesuai dengan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau tersirat. Lewis & Booms (1983) mengungkapkan kualitas layanan bisa diartikan sebagai ukuran seberapa besar tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan (Tjiptono, 2017:142). Harga didefinisikan sebagai pengorbanan keseluruhan yang bersedia dilakukan konsumen dalam rangka mendapatkan produk atau jasa spesifik (Grewal & Levy, 2022:448). Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai akibat dari membandingkan produk atau performa (atau hasil) layanan yang dirasakan dengan ekspektasi (Kotler & Keller, 2021:89).Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna sewa Gudang Tertutup di Marunda PT. XYZ. Faktor yang membuat konsumen merasa puas dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen adalah Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 94 investor. Sampel yang digunakan adalah investor pengguna sewa Gudang Tertutup di Marunda PT. XYZ dan perusahaan yang telah menyewa lebih dari 1 tahun. Teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling dengan menggunakan metode kuesioner yaitu dengan memberikan daftar pertanyaan kepada responden. Metode analisis menggunakan Analisis Regresi Berganda dengan program SPSS versi 20.0. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna sewa Gudang Tertutup di Marunda PT. XYZ, Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen sewa Gudang Tertutup di Marunda PT. XYZ dan juga Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna sewa Gudang Tertutup di Marunda PT. XYZ.
Copyrights © 2023