Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 8, No 2 (2023): volume 8, Nomor 2, Mei 2023

STRATEGI BRAND AWARENESS IDA KERAWANG GAYO DALAM MENCIPTAKAN MINAT KONSUMEN

Nadia Hariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Kerawang Gayo merupakan salah satu kerajinan yang mencerminkan identitas suku Gayo yang turun temurun. Kerawang Gayo juga sudah meningkat popularitasnya tidak hanya di Aceh saja, melainkan sudah diluar Aceh. Ida kerawang Gayo merupakan salah satu toko kerawang Gayo yang lebih unggul pendapatannya dibandingkan dengan toko lainnya. Penelitian ini bertujuan menggambarkan mengenai strategi brand awareness yang dilakukan Ida kerawang Gayo dalam menciptakan minat konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara purposive sampling melalui tiga informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh melalui dua cara yaitu melalui data primer dan data sekunder. Adapun hasil dalam penelitian ini terlihat jelas bahwa Ida kerawang Gayo sudah melalukan strategi brand awareness dengan baik yaitu dengan melakukan periklanan, pemasaran langsung promosi penjualan, dan penjualan personal dalam menciptakan minat konsumen yang berlandaskan dengan teori retorika undangan yang peneliti gunakan. Terlihat pada bagaiamana cara mereka menggaet para khalayak untuk membeli produk mereka. Strategi yang mereka lakukan terbilang berhasil terlihat pada strategi brand awareness yang mereka gunakan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa Ida kerawang Gayo menjadi salah satu toko yang lebih banyak peminatnya dikarenakan memang hasil produk Ida kerawang Gayo masih asli dan kental dengan budaya khas Gayo hal ini didapatkan dalam hasil wawancara informan yang terlibat dalam penelitian. Kata Kunci: Kerawang Gayo, Ida Kerawang, Strategi Brand Awareness

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...