Sejak pandemi Covid-19 kegiatan belanja online dari rumah menjadi tren di masyarakat indonesia terutama masyarakat Kota Banda Aceh, terlebih ketika tanggal kembar. Promo tanggal kembar cukup sering dilakukan oleh beberapa E- Commerce seperti Shopee yang biasanya ditempatkan di banner yang mudah terlihat serta diakses pada halaman utama. Iklan merupakan media promosi yang penting, yang menjabarkan produk dengan tepat dan efisien, selain itu iklan merupakan daya tarik konsumen, karena di dalam iklan berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan tanggal kembar shopee terhadap keputusan pembelian masyarakat Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan 1 variabel independen, yaitu iklan tanggal kembar dan 1 variabel dependen, yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh dengan 9 kecamatan dimana rentang usia yang ditetapkan antara 17-45tahun dan diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus solvin. Pengujian ini menggunakan metode analisis regresi linear sederhana serta uji hipotesis (t) dimana hasil uji yang didapatkan Y= 0,730 + 0,775X dan pada uji t menghasilkan nilai t hitung sebesar 12,149 yang lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 1,985 dan 0,0000,05 yang menunjukkan bahwa iklan tanggal kembar shopee berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian masyarakat kota Banda Aceh. Hal ini menunjukkan bahwa variable iklan tanggal kembar shopee berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian masyarakat kota Banda Aceh. Berdasarkan nilai konstanta sebesar 0,730 yang berarti sebanyak 73% keputusan pembelian dipengaruhi oleh iklan tanggal kembar sedangkan 27% sisa dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Iklan Tanggal Kembar, Pomosi
Copyrights © 2023