SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Di Marketplace Tokopedia

Sekar Ayu Rarasati (PPs STIE Amkop Makassar)
Siti Ning Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Perkembangan teknologi ditandai dengan maraknya berbagai situs ecommerce yang memberikan penawaran kategori produk dengan sistem cepat. Sehingga, mendorong berbagai perusahaan untuk membuat platform online atau ecommerce yang dapat diakses secara mudah, dan dapat dipercaya oleh konsumen. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli di marketplace Tokopedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yakni mahasiswa aktif FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur angkatan 2019, 2020, dan 2021. Dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan pendeketan purposive sampling, dan dianalisis menggunakan teknis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa secara pada uji F menyatakan secara simultan Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat beli di markeptlace Tokopedia (F-hitung > F-tabel). Sedangkan pada uji t memberikan hasil bahwa secara parsial persepsi kemudahan dan kepercayaan memilki pengaruh signifikan terhadai Minat beli di marketplace Tokopedia (X₁ nilai t-hitung > t-tabel; dan X₂ t-hitung > t-tabel). Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Minat Beli

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...