Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 7 No 2 (2023): JISAMAR : May 2023

PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA SERANG

Widya Nur Bhakti Pertiwi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

UMKM saat ini sudah memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, termasuk UMKM sate bandeng di Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui foktor-faktor dari konsep AIDA (attention, interest, desire, action) pada instagram UMKM sate bandeng terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden yang menjadi follower Instagram UMKM Sate bandeng Ibu Amenah, Sate Bandeng Ibu Aliyah, Sate Bandeng Ratu Toety, dan Sate Bandeng Hj Mariyam di Kota Serang. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menjuakan bahwa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian UMKM sate bandeng di Kota Serang, hanya dipengaruhi dua faktor dari konsep AIDA yaitu interest dan desire, sedangkan attention dan action tidak memengaruhi keputusan pembelian konsumen sate bandeng di Kota Serang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...