Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi dosen terhadap kinerja yang dimoderasi oleh rekrutmen. Fungsi dari moderasi ini adalah untuk menunjukkan bahwa rekrutmen memperkuat pengaruh kompetensi dosen terhadap kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 65 dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Bandung. Pengujian hipotesis menggunakan metode Moderated Regression Analisis (MRA). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi dosen menjalankan tugasnya belum sepenuhnya sesuai dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional; 2) Kinerja dosen perlu ditingkatkan sesuai dengan bidangnya; 3) Rekrutmen harus ditingkatkan mengacu kepada peraturan dan perundangan; 4) ketiga variable penelitian tersebut terlihat bahwa rekrutmen sebagai variable moderasi memperkuat dampak kompetensi dosen terhadap kinerja dosen sebesar 42,6%.
Copyrights © 2023