Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X 1 UPT SMA Negeri 1 Bantaeng

Julia Eka Safitri (Universitas Muslim Indonesia)
Sitti Rabiah (Universitas Muslim Indonesia)
Nurfathana Mazhud (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara tersebut adalah dengan menggunakan metode debat. Metode pembelajaran debat termasuk metode pembelajaran yang interaktif dan memaksa peserta didiknya untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Debat juga merupakan adu argument pro dan kontra antara dua orang atau lebih dalam kelompok tentang suatu masalah tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus mulai dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas X 1 kegiatan pra siklus, siklus 1, siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan skor nilai pengembangan berbicara meningkat sebesar 17,21 poin menjadi 73,57 setelah diadakan tindakan siklus 1. Pada akhir tindakan siklus 2, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 82,95. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,38 poin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...