Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara tersebut adalah dengan menggunakan metode debat. Metode pembelajaran debat termasuk metode pembelajaran yang interaktif dan memaksa peserta didiknya untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Debat juga merupakan adu argument pro dan kontra antara dua orang atau lebih dalam kelompok tentang suatu masalah tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus mulai dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas X 1 kegiatan pra siklus, siklus 1, siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan skor nilai pengembangan berbicara meningkat sebesar 17,21 poin menjadi 73,57 setelah diadakan tindakan siklus 1. Pada akhir tindakan siklus 2, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 82,95. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,38 poin.
Copyrights © 2023