Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan metode copy the master dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bersiklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Bantaeng yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis cerpen menggunakan metode copy the master menunjukan peningkatan pada tiap siklus dan kualifikasi dicapai pada siklus II dengan mencapai ketentuan indikator keberhasilan yang harus dicapai yakni 75% siswa yang mendapatkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78. Adapun hasil pembelajaran siklus I yaitu dengan hasil presentase 48% atau hasil rata-rata 75,88 berbeda pada siklus II yang mengalami perubahan lebih efektif dengan hasil presentase 89% atau hasil rata-rata 83,14. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode copy the master dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng dinyatakan berhasil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023