Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya di kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-Eksperimental bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa berjumlah 37 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan hasil analisis data pada pre-test menunjukkan bahwa dari 37 siswa terdapat 3 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 8% dan yang tidak tuntas terdapat 34 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%, nilai rata-rata dalam pre-test 52,70. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atau tingkat ketuntasan klasikal masih rendah. Untuk itu harus ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Setelah model pembelajaran Jigsaw dilaksanakan, hasil yang diperoleh siswa pada post-test terdapat 34 siswa yang tuntas dengan persentase klasikal 91,9% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 8,10%, nilai rata-rata dalam post-test 79,05. Dengan rata-rata nilai yang mengalami peningkatan dan tingkat keberhasilan belajar atau ketuntasan klasikal ada dalam kriteria baik, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Indonesiaku Kaya Budaya di Kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa. Kata Kunci : Eksperimen, Hasil Belajar, Ipas, Jigsaw
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023