Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan proses pembelajaran menghitung luas persegi dan persegi panjang dalam satuan tidak baku 2) Meningkatkan hasil belajar menghitung luas persegi dan persegi panjang dalam satuan tidak baku pada pesert didik kelas III SDN Sidodadi Candi Kabupaten Sidoarjo melalui media gambar petak satuan persegi. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas dan strategi yang digunakan dengan model siklus dengan terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas III. Sumber data rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Validitas data menggunkan triangulasi data dan triangulasi teori. Model analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam proses pembelajaran dan kemampuan peserta didik menghitung luas persegi dam persegi panjang setelah dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan media gambar petak persegi satuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil kegiatan guru mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 78,88% dan siklus II 89,94%. Peningkatan juga ada pada kegiatan peserta didik dari siklus I yaitu 77,98% dan siklus II meningkat menjaddi 87,95%. Pada hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I 55% meningkat menjadi 95%. Dengan demikian dapat direkomendasi bahwa proses pembelajaran matematika dengan media petak persegi satuan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan peserta didik dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang pada peserta didik kelas III SDN Sidodadi Candi Kabupaten Sidoarjo.
Copyrights © 2023