Minat membaca sangat berpengaruh terhadap kesuksesan siswa, sehingga perlu ditanamkan sejak dini. Dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa dibutuhkan pemantik serta pendorong yang baik, salah satunya dengan Gerakan literasi, yang mana Gerakan literasi ini dilakukan oleh siswa dengan melakukan kunjukan ke perpustakaan. Dengan adanya kunjungan perpustakaan ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk membudayakan literasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menumbuhkan minat baca melalui kunjungan perpustakaan si swa SDN 258 Sukarela. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber informasi kepada guru serta Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 258 Sukarela. Hasil penelitian ini menunjukan dengan adanya program literasi kunjungan perpustakaan minat baca siswa semakin meningkat, daripada program literasi yang hanya membaca di dalam kelas. Dilihat dari antusias siswa sangat bersemangat ketika mendapat jadwal kunjungan perpustakaan. Karena jika langsung kunjungan ke perpustakaan, siswa mempunyai kesempatan untuk lebih mengeksplor berbagai macam buku bacaan. Peneliti melihat perlu adanya pengelola perpustakaan, agar proses kunjungan perpustakaan bisa lebih terstruktur serta untuk buku-buku juga lebih tersusun lagi. Artikel ini juga menyimpulkan bahwa kunjungan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca siswa sangat penting, karena siswa mempunyai antusias yang tinggi.
Copyrights © 2023