Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik (Studi Kasus : Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04)

Maharani Dwi Ayuni (Universitas PGRI Semarang)
Ida Dwijayanti (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Universitas PGRI Semarang)
Susi Handayaningsih (SDN Pandean Lamper 04)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik melalui beberapa indikator yang berhubungan dengan karakteristik peserta didik di SDN Pandean Lamper 04, Kota Semarang. Peneliatian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan asesmen diagnostik dapat diketahui jika peserta didikmkelas VI di SDN Pandean Lamper 04 memiliki karakteristik yang beragam. Pemberian asesmen diagnostik sangat penting dilakukan oleh guru, terutama guru profesional. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keberagaman karakteristik peserta didik. Keberagaman ini nantinya akan dijadikan pijakan oleh guru dalam menyusun pembelajaran agar berlangsung dengan baik dan sesuai denagn kebutuhan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...