Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran role playing atau bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi pada mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi bagi peserta didik kelas IV C UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ialah guru dan peserta didik kelas IV UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan dengan jumlah 31 peserta didik, 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penggunaan teknik pengumpulan data terdiri dari teknik observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Terdapat peningkatan dari Siklus I ke Siklus II pada aktivitas guru, peserta didik, dan hasil belajar IPAS peserta didik. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari hasil ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mengalami peningkatan, yang semula hanya 67,8% dengan nilai rata-rata 66,85 kemudian pada pelaksanaan siklus II hasilnya meningkat menjadi 92,85% dengan nilai rata-rata 81,85. Berdasarkan data hasil tersebut dengan diterapkannya metode pembelajaran role playing atau bermain peran pada materi kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV C UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan dan memberikan suasana belajar yang menyenangkan serta memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023