Peningkatan kualitas pendidikan harus diiringi dengan peningkatan jumlah guru yang profesional. Guru profesional wajib memiliki kualifikasi akademik, menguasai kompetensi, memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Guru yang profesional diharapkan dapat memberikan hasil kerja (kinerja) yang maksimal. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya tunjangan profesi dan profesionalisme guru. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tungan profesi dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian dilakukan pada SDN 013 Teluk Piyai Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN 013 Teluk Piyai yang berjumlah sebanyak 30 orang dan semuanya dijadikan sampel. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan metode kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan melalui uji F dan uji t pada alpha 5% dan model analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan tunjangan profesi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini memberikan arti bahwa guru yang mendapatkan tunjangan profesi akan membuatnya semakin terdorong untuk memberikan kinerja terbaiknya demi tercapainya tujuan pendidikan bagi siswa didik. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa tunjangan profesi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini memberikan arti bahwa semakin profesionalnya guru dalam menjalankan tugasnya maka akan semakin memberikan kontribusi yang semakin kuat terhadap peningkatan pencapaian kinerja guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Dan hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tunjangan profesi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini memberikan arti bahwa guru yang sudah mendapatkan tunjangan profesi dengan disertai adanaya sikap profesional dalam menjalankan tugas maka secara kolaborasi akan berdampak pada peningkatan pencapaian kinerja guru dalam mendidik.
Copyrights © 2023