Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 12 No. 1 (2021): JURNAL GENTA MULIA

DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMIC COVID 19

Rahma (Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim)
Nanda Safarati (Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

: Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan gangguan proses pembelajaran secara konvensional selama pademi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana kondisi objektif motivasi yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan melibatkan 20 mahasiswa pada program studi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa sangat baik, hal itu didapatkan dari skor presentase motivasi tersebut yang berjumlah 83.22 %. Dapat disimpulakan pembelajaran daring mampu meningkatkan motivasi dan minat, kemandirian belajar, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...