Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

Manajemen Kelas Tahfidz Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Kelas I-E MI Maarif Pagerwojo

Anggun Cahyaning Pramesti (Unknown)
Silvia Mulyaning Diar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Di zaman sekarang ini banyak dijumpai anak-anak yang lebih menghabiskan waktunya hanya untuk bermain hp dibanding menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu peranan guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap karakter anak sehingga kelas Tahfidz Al-Qur'an bisa diharapkan dapat menjadikan anak terbiasa dalam membaca Al-Qur'an terutama di dalam menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini guna untuk mengetahui manajemen kelas tahfidz Al-Qur'an dalam meningkatkan pendidikan karakter. Adapun peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru wali kelas, guru tahfidz Al-Qur'an, dan peserta didik kelas I-E Tahfidz-B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MI Maarif Pagerwojo dilakukan dengan baik. Dengan adanya pembelajaran tahfidz maka akan berdampak pada peningkatkan karakter peserta didik diantaranya adalah karakter religius, kejujuran, disiplin, kerjakeras, mandiri, bersahabat/komunikatif (sopan santun), gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...