Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN MEDANGKAMULYAN

Meri Marwiah (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA/FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Namun masih banyak peserta didik yang beranggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang paling sulit sehingga menimbulkan kebosanan dan menjadi hal yang menakutkan. Hal ini diakibatkan oleh sebagian peserta didik yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal matematika dan kurangnya penggunaaan media yang menyenangkan. Sehingga diperlukan media yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif yang tepat yaitu dengan menerapkan media Domino Matematika  pada materi perkalian dan pembagian. Dengan diterapkanya media Domino Matematika ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemandirian dan keaktifan belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan merasakan pengaruh media Domino Matematika dalam meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar serta untuk Menguji kelayakan Domino Matematika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan peserta didik . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan  Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah siswa 21 peserta didik.Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode Eksperimental dengan desain penelitian Non Equivalent DesainPenelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan Kabupaten Tasikmalaya. Adapun Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menjadikan peserta didik mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika  Untuk teknik pengumpulan data nya menggunakan observasi tentang kemandirian dan keaktifan peserta didik.Hasil data yang telah dianalisis terdapat hasil yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Hâ‚€ ditolak dan Hₐ diterima karena terdapat pengaruh media domino matematika terhadap kemandirian dan keaktifan peserta didik pada materi perkalian dan pembagian.Kata Kunci: Media Domino Matematika, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...