Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik three-tier pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 7 Palu Kota Palu. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020 sampai bulan februari 2021. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir dengan menggunakan instrument tes diagnostic three-tier. Hasil penelitian maka ditemukan miskonsepsi siswa pada sub bab laju reaksi dengan prsentase sebesar 74,07% dalam kategori tingkat miskonsepsi tinggi, sub bab Teori tumbukkan dengan presentase sebesar 62,96% dalam kategori miskonsepsi tinggi, sub bab orde reaksi dengan prsentase sebesar 62,96% dalam kategori miskonsepsi tinggi, sub bab teori tetapan laju reaksi dengan presentase sebesar 48,14% dalam kategori miskonsepsi sedang.Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai tingkat miskonsepsi siswa.
Copyrights © 2022