Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 6 No. 1 (2023): April

Tanggapan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Vidio Pembelajaran Materi Integral dan Diferensial Numerik

Frengky Tedy (Universitas Katolik Widya Mandira)
Patrisius Batarius (Universitas Katolik Widya Mandira)
Sisilia D.B. Mau (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan persepsi mahasiswa terhadap proses perkuliahan online selama masa pandemic vovid-19. Permasalahan tidak merata jaringan internet bagi mahasiswa yang berada di daerah menyebabkan perkuliahan online tatap muka tersendat. Pemahaman materi, konsep, dan kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan menjadi kendala bagi dosen dalam menyampaiakan materi pembelajaran. Pada penelitian ini, mata kuliah metode numerik, sub bagian integral dan diferensial numerik dilakukan proses model mengajar dengan cara lian. Materi kuliah direkam dalam bentuk vidio pembelajaran. Setiap materi ada 4 vidio pembelajaran sepeti vidio konsep dasar materi yang diajarkan, video contoh latihan pengerjaan soal-soal secara manual dan video latihan soal menggunakan software spredsheet excel. Vidio pembelajaran dikirim ke elearning universitas dan WAG. Mahasiswa bisa belajar dan mengulang materi-materi yang belum dipahami. Materi kuliah bisa diunduh sewaktu kondisi internetnya bagus karena durasi vidio pembelajarnnya maksimal 10 sampai 15 menit untuk. Diakhir pembelajaran mahasiswa mengisi kuisioner yang diberikan untuk mengetahui pemahaman dan persepsi dari proses pembelajaran online. Kuisioner dikirim secara online menggunakan google form. Total mahasiswa yang mengambil sebanyak 50 orang mahasiswa program studi ilmu komputer semester 4. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Kuesioner diisi dengan menggunakan skala Likert. Model pembelajaran yang dilakukan di masa pendemi covid-19 ini, memberi manfaat tersendiri bagi mahasiswa yang kesulitan akan jaringan internet. Pembelajaran berbasis vidio sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan dosen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...