Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021

Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Fera Afriani (Institut Agama Islam Negeri Pekalongan)
Nalim Nalim (Institut Agama Islam Negeri Pekalongan)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design yang berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, dan memberikan kesimpulan bahwa dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,033 0,05 maka diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...