Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023

Peningkatan Epistemic Curiosity dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 7 berbantuan Video Etnomatematika

Agriat Barata (SMP N 4 Pemalang)
Helti Ligia Mampouw (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sri Mulyani (SMP N 6 Salatiga)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan epistemic curiosity dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 7 berbantuan video etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, kuisioner dan observasi dengan analisis kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran: (1) jumlah siswa ysng tuntas pada siklus 2 melebihi ketuntasan klasikal 75% yaitu sebesar 90,6 %, (2) rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 2 mencapai 78,31, (3) proporsi ketuntasan meningkat pada siklus 2 menjadi 90,6%, (4) Nilai rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan menjadi 78,31% dan (5) terdapat peningkatan epistemic curiosity secara signifikan pada akhir siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdampak pada peningkatan epistemic curiosity dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...