Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023

Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Strategi REACT untuk Mengembangkan Kecakapan Numerasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik

Burhanudin Burhanudin (SMA Negeri 1 Batang)
Santika Lya Diah Pramesti (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Nevita Falasyifa (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi REACT yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran Matematika materi Statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan dilakukan menggunakan langkah-langkah Four-D dengan penyederhanaan menjadi tiga tahap yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Validitas produk ditentukan berdasarkan penilaian ahli. Kepraktisan produk ditentukan berdasarkan respon peserta didik dan hasil pengamatan rekan guru terhadap penerapan pembelajaran di kelas. Efektifitas produk ditentukan berdasarkan ketercapaian hasil belajar serta tingkat disposisi matematis peserta didik. Hasil penelitian menjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan: (1) memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,65; (2) bersifat praktis dengan skor rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 4,63 dan skor rata-rata hasil pengamatan rekan guru sebesar 4,52; dan (3) efektif ditunjukkan dengan skor rata-rata penilaian hasil belajar sebesar 81, persentase ketuntasan sebesar 78% dan skor rata-rata disposisi matematis sebesar 4,29.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...